Ungkapan Hati (Suatu Pertanyaan)

Seandainya saja kamu membaca surat ini

Tapi itu tak mungkin, telah tetaplah niatku untuk memasrahkan diri dengan kondisi

Seandainya aku tahu apa yang kamu pikirkan saat ini, seandainya aku tahu ...

Apa telah aku bangun, atau telah kuhancurkan

Jawablah, apa yang harus kulakukan?

Dan ku mengharap dapat merasakan apa yang kamu rasakan

Lalu apakah sang hikmah?

Seandainya aku tahu apa yang kamu pikirkan saat ini, seandainya aku tahu ...

Betapa kata yang terurai begitu sarat dengan makna

Betapa berat akal memahami setiap kata dalam ilmu

Betapa alam telah menyatu dengan kamu dan perasaan kamu

Dapatkah energi terjadi tanpa perpecahan materi?

Bagaimana dengan perasaanku, apakah terombang-ambing dalam kekakuan dan kebisuan akal yang buta?

Lalu apakah sang hikmah?

Seandainya aku tahu apa yang kamu pikirkan saat ini, seandainya aku tahu ...

Yaa jiwa yang tenang dan sulit kucapai..

Haruskah aku bangga ataukah bersedih

Tahukah kamu kebenaran yang sebenarnya mengenai jiwa ini?

Katakan bagaimana ku harus menunggu

Karena ku tak mampu melawan semua belenggu

Dapatkah hanya bergantung pada sabar dan doa tanpa usaha?

Katakan padaku apa yang harus kulakukan

Lalu apakah sang hikmah?

Seandainya aku tahu apa yang kamu pikirkan saat ini, seandainya aku tahu ...

Aku hanya mampu berprasangka

Dengan berdasar kata yang penuh makna

Dengan indahnya suatu anugrah

Dan perasaanku yang dituntun naluri alamiah

Telah tersentuh pula sanubariku

Namun betapa sulit kuraih suatu cita-cita

Lalu apakah sang hikmah?

Seandainya aku tahu apa yang kamu pikirkan saat ini, seandainya aku tahu ...

Apa dan dimanakah batas antara hitam dan putih?

Bagaimanakah benang biru dan benang merah, jalan-jalan apakah ini?

Begitu banyak yang tak ku mengerti

Yang kurasakan hanyalah kekosongan dan kerinduan

Kepedihan, kegundahan, kegelisahan...

Lalu apakah sang hikmah?

Seandainya aku tahu apa yang kamu pikirkan saat ini, seandainya aku tahu ...

Segala yang ada di dunia ini memang sesuai dengan kodratnya

Begitu pula dengan kita dan hati kita

Mampukah kita menyalahi kodrat kita?

Tak dapatkah kita dapatkan kebahagiaan di sini?

Lalu apakah sang hikmah?

Seandainya aku tahu apa yang kamu pikirkan saat ini, seandainya aku tahu ...

Dicintai memang suatu harapan

Karena hati ini merasakan kerinduan dan harapan

Dirindui merupakan suatu kebanggaan

Apakah itu suatu kelalaian terhadapku atas nikmatku?

Apakah aku telah mengusik kehidupanmu?

Lalu apakah sang hikmah?

Seandainya aku tahu apa yang kamu pikirkan saat ini, seandainya aku tahu ...

Memang berusaha suatu keharusan

Namun katakanlah apa upayaku sehingga kita dapatkan suatu keseimbangan

Tapi jangan katakan bahwa kita akan menjadi ummat yang kalah dalam berperang

Dan katakan apa yang kamu maksud dengan kemenangan ombak dan kemenangan karang

Apa yang kamu maksud dengan kemenangan prinsip dan kemenangan pertarungan

Katakan bagaimana aku memahaminya

Memang tidaklah salah berbaju biru, atau berbaju merah

Namun apakah rindu harus selalu menyatu?

Apakah hati ini telah mati?

Apakah kondisi ini yang membuatku mungkir, tak mau mengakui rindu ini?

Pahamkah aku terhadapmu, juga terhadapku sendiri?

Lalu apakah sang hikmah?

Seandainya aku tahu apa yang kamu pikirkan saat ini, seandainya aku tahu ...

Keindahan bulan, keindahan ombak, keagungan gunung, keagungan alam

Bukankah itu semu?

Dimana letak wangi melati, ketika taman terlewati?

Pahamkah kita sebenar-benarnya arti hakekat diri?

Lalu apakah sang hikmah?

Seandainya aku tahu apa yang kamu rasakan saat ini, seandainya aku tahu ...

Tentunya tak akan ada pertanyaan

Tentunya gayungpun bersambut

Bunga memberikan madunya pada sang lebah

Ladangpun akan menunggu datangnya hujan

Bulan dan mataharipun akan berputar sesuai garis edarnya

Lalu apakah sang hikmah?

Seandainya aku tahu apa yang kamu pikirkan saat ini, seandainya aku tahu ...

Apakah kita akan terus berjuang ataukah langkah ini terhenti

Apakah hati akan bersatu atau berpisah

Akankah semua terjawab?

Ataukah hati binasa tanpa suatu kepastian

Lalu apakah sang hikmah?

Seandainya aku tahu apa yang kamu pikirkan saat ini, seandainya aku tahu ...

Jalan mana yang akan diambil, jalan merah atau jalan biru?

Apakah hanya dengan diam, sabar, dan seuntai doa saja?

Dapatkah kita gambar akhir dari perjalanan ini?

Bagaimana akhir dari waktuku dan waktumu?

Jika aku hanya menunggu

Ketika tiba waktumu, yakinkah kamu tidak akan terlambat?

Ketika aku menunggu, mampukah kupertahankan harapan ini tanpa kepastian?

Berikan janjimu dan aku akan bertahan

Berikan perintahmu dan akan aku laksanakan

Sehingga aku mampu turut berjuang dengan suatu kepastian

Karena saat ini aku baru mampu bersabar dan berdoa

Lalu apakah sang hikmah?

Seandainya aku tahu apa yang kamu pikirkan saat ini, seandainya aku tahu ...


by: walijah shabirah

Tidak ada komentar: